Post Page Advertisement [Top]

Go to School?
Akhir-akhir ini kalau kita lihat di media sosial, banyak remaja yang malas untuk pergi sekolah. Saya juga sempat berpikir begitu karena saya juga masih sekolah. Tapi semua itu ada penyebabnya bukan ? Kenapa sih pada malas sekolah ? Ya , Kali ini saya akan membahas beberapa penyebab mengapa anak malas sekolah (Menurut saya sih dan juga pengalaman saya :v).





Yang pertama , yaitu siswa itu sendiri. Apa sih yang dimaksud ? Yang saya maksud disini adalah "apakah siswa tersebut ada niat untuk belajar ?". Jika ya tentunya siswa tersebut akan rajin masuk, dan selalu ceria disekolah karena mereka menganggap sekolah adalah kewajiban. Lalu apakah siswa yang murung itu malas sekolah? Kemungkinan besar iya , tapi tak jarang juga sih murung karena memang suasana hati sedang tidak bersahabat (kayak cuaca :v ). Khusus untuk yang ini pasti mereka beranggapan bahwa sekolah itu adalah beban. Jadi kalau kalian punya teman yang seperti ini bisa kalian yakinkan bahwa SEKOLAH ITU PENTING, bukan hanya untuknya tapi untuk orang lain juga.

Kedua, faktor lingkungan yaitu lingkungan tempat tinggal dan sekolah. Misalkan lingkungan tempat tinggal mereka terdapat banyak anak yang tidak sekolah. Itu akan berpengaruh juga, karena ia akan melihat bahwa orang-orang disekitarnya bebas berkeliaran tanpa aturan. Seperti yang kita ketahui hidup tanpa aturan juga bukanlah hal yang baik. Lalu bagaimana dengan lingkungan sekolah ? Untuk yang ini ada beberapa . Mungkin disekolah kumuh , kotor , atau disana sering terjadi tawuran atau semacamnya. Ini juga akan membuat siswa malas untuk datang kesekolah dikarenakan lingkungan sekolah yang kurang bersih. Lalu dilingkungan yang sering terjadi keributan atau tawuran ini akan membuat sebagian siswa menjadi takut untuk sekolah, atau hal yang lebih buruk adalah beberapa siswa yang malah ikut dalam keributan tersebut.

Ketiga, guru sebagai pengajar. Nah ini yang paling sering terjadi menurut saya. Dan ini juga yang paling berdampak besar. Mungkin guru killer , atau model pembelajaran yang diberikan guru. Kalau guru killer ini sudah jelas membuat siswa enggan untuk masuk jam pelajaran atau bahkan mungkin meliburkan dirinya sendiri :v. Tapi bagaimanapun juga kita harus tetap berangkat ya, jangan hanya karena masalah kecil jadi g berangkat. Lalu model pembelajaran, mungkin guru memberikan model pembelajaran yang kurang asik , atau kurang dipahami siswa. Ini juga termasuk , karena jika guru mengajar dengan cara yang asik siswa akan merasa nyaman dan senang untuk belajar.

Yang terakhir adalah karena tugas-tugas yang diberikan terlalu banyak, sehingga memaksa siswa untuk berpikir lebih keras. Beban tugas ini terkadang membuat siswa menjadi lesu, dan kurang bersemangat. Mungkin kegiatan extra yang berlebihan juga akan berefek sama. Apalagi jika tidak diimbangi dengan istirahat yang cukup. Hal ini jelas akan berakibat langsung pada fisik siswa. Membuat siswa kelelahan dan akhirnya jatuh sakit.

Sebenarnya masih banyak penyebabnya namun saya rasa itu adalah hal-hal yang utama. Jadi bagaimanapun juga sekolah itu penting. Lebih tepatnya PENDIDIKAN ITU PENTING. Tumbuhkan semangatmu untuk sekolah, buatlah pendidikan menjadi pintu dan jalan untuk sukses dikemudian hari. Jadi untuk kalian yang masih bersekolah saya harap masih dapat memupuk kembali semangat itu :D.

2 komentar:

Bottom Ad [Post Page]